Kota Malang


Assalamu’alaikum  Teman-teman Bloggers! Apa kabar kalian semua?
Kali ini, aku akan menjelaskan tentang kota yang sangat aku banggakan. Iya.. Aku akan membahas tentang  Kota Malang , so guys, let’s move to the story
Kota Malang, siapa sih yang tidak kenal dengan nama kota satu ini? Ya, sebuah kota yang  terletak di Provinsi Jawa Timur,Indonesia. Kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Kota Surabaya dan kota terbesar ke- 12 di Indonesia. Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yag dikenal dengan Malang Raya.
Kota Malang,bukan hanya terkenal dengan kota terbesar di Indonesia dan Jawa Timur saja, tapi Malang  juga terkenal dengan kota Pendidikan yang terbaik,lho. Malang juga mendapatkan beberapa julukan yaitu ; kota pariwisata,kota bunga dan kota seni
Kekayaan aka kebudayaa kota Malang ini sangat berpengaruh terhadap seni tradisional yang ada.
Salah satu kesenian yang terkenal adalah wayang topeng malangan (Topeng  Malang)

“Wayang Topeng Malangan merupakan tradisi kultural dan religiusitas masyarakat Jawa semenjak Kerajaan Kanjuruhan yang dipimpin oleh Raja Gajayana semasa abad ke 8 M. Namun topeng masa itu dalam penuturan Karimun (82 tahun) tidak diperuntukkan acara acara kesenian seperti sekarang ini. Topeng waktu itu yang terbuat dari batu adalah bagian dari acara persembahyangan. Barulah pada masa Raja Erlangga, topeng dikontruksi menjadi kesenian tari. Topeng digunakan menari waktu itu untuk mendukung fleksibilitas si penari. Sebab waktu itu sulit untuk mendapatkan riasan (make up), untuk mempermudah riasan, maka para penari tinggal mengenakan topeng di mukanya, ujar Karimun.” (Priyo Utomo. averroes.or.id 18)
Nah, sekarang setelah kita mengetahui kebudayaan kota Malang,kita perlu juga mengetahui cirikhas dari kota Malang ini,guys.
Cirikhas tentang kota Malang ini sudah dikenal oleh sebagian besar orang Malang asli,maupun orang luar Malang, karena memang cirikhas kota Malang ini sangat unik.
Mari kita urutkan cirikhas kota Malang ini guys,
1.    Masakan Pedas
Nah,siapa nih disini yang suka makan pedas? Cari di kota Malang pasti banyak ketemunya guys, karena salah satu cirikhas di kota Malang adalah makana pedas. Tiada makanan tanpa cabai,nih hahaha. Jadi kalian kalau ingin mengeksplore lebih banyak makanan  pedas bisa datang ke Malang, karena hampir semua warung makan dimalang menawarkan makanan berbaha dasar cabai ini.

2.    Berbahasa Terbalik (Logat)
“Umak Tahes?” mungkin sebagian dari kalian banyak yang bingung dan bertanya soal itu. Nah salah satu cirikhas lain dari kota Malang adalah bahasanya sering dibaca terbalik, seperti contohnya kalimat utama tadi yang kalau di balik jadi “Kamu Sehat?”. Tapi tidak semua kata bisa dibalik, kadang mereka menggunakan bahasa terbalik hanya untuk guyonan agar enak didengar dan enak diucapkan. Misalnya seperti apik menjadi kipa ; kamu menjadi umak ; saya menjadi ayas ; makan menjadi nakam, dan begitulah selanjutnya. Biasanya ciri khas yang satu ini digunakan oleh penduduk Malang sendiri.


3.    Malang Kota Wisata
Memang, keindahan alam di Kota Malang ini sangat sulit untuk dilupakan. Mungkin karna indahnya kota Malang, ada beberapa kawasan yang dijadikan destinasi wisata oleh pemeritah. Sehingga kota Malang dijuluki sebagai “Beautiful Malang” karena indahnya kawasan taman yang ijo royo-royo ini.
 Berbagai tempat wisata di Malang mulai dari wisata pegunungan, wisata pantai, wisata edukasi, hingga wisata kuliner lengkap tersedia di Malang Raya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini